Pendapat dan Saran Seorang Siswi Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Assalamu'alaikum, haii !!
Apa kabar semuanyaa? Semoga kalian baik - baik saja yaaaa...

Saya Naila Zia Khalishah siswi SMAN 63 Jakarta dari kelas X MIPA 2, pada kali ini 
saya ingin memberikan beberapa pendapat dan saran saya selama PJJ.

Menurut pendapat saya, dalam PJJ ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.
 
Pertama, saya akan membahas kelebihannya terlebih dahulu. Kelebihannya yaitu : 
  • Murid dapat mencari tahu/menemukan lebih banyak materi melalui internet dengan sumber yang berbeda - beda. 
  • Belajar secara online seperti ini menjadi lebih fleksibel dibandingkan dengan belajar offline di sekolah.
  • Murid menjadi lebih dekat dengan keluarga yang ada di rumahnya dikarenakan lebih banyak waktu berkumpul bersama di rumah.
Sementara kekurangannya yaitu : 
  • Murid sulit memahami materi dikarenakan tidak diajarkan secara langsung oleh guru.
  • Kurang disiplinnya murid dalam PJJ dikarenakan di rumah tidak ada yang mengawasi(guru - guru).
  • Beberapa guru yang masih banyak yang belum memahami cara menggunakan internet menjadikan pembelajaran kurang efektif dan maksimal.
  • Ada beberapa tugas yang diberikan oleh guru seperti membuat video, mengirimkan foto, dan mendownload materi berupa video, aplikasi, maupun file yang terkadang memerlukan ukuran penyimpanan yang besar. Hal tersebut dapat berakibat beberapa murid menjadi malas untuk mengerjakannya karena harus memiliki ruang penyimpanan dan kuota yang banyak.
  • Terkadang juga dalam tugas yang diberikan secara berkelompok, murid kesulitan dengan diskusi bersama secara online ini dikarenakan ada beberapa murid yang tidak bertanggung jawab dengan kelompoknya sendiri dan hanya beberapa orang saja yang mengerjakan. 
Saya sebenarnya ingin sekali belajar tatap muka di sekolah tapi keadaan memang belum memungkinkan. Dalam PJJ ini metode pembelajaran yang lebih saya sukai yaitu meeting online (zoom/google meet) dengan bapak/ibu guru yang menjelaskan materi pembelajaran, tetapi ada beberapa dari bapak/ibu guru yang menurut saya pada saat meeting online terlalu bertele - tele dalam menjelaskan materi. 

Dan juga, untuk bapak/ibu guru yang langsung memberikan latihan soal tanpa menjelaskan materinya terlebih dahulu, saya harap dapat menjelaskan materinya terlebih dahulu agar murid - murid mengerti.

Memang cukup berat menjalankan pembelajaran secara offline ini bagi bapak/ibu guru maupun muridnya. Tapi saya mohon bapak/ibu guru dapa memahami kondisi murid - muridnya sendiri dan murid - muridnya pun harus memahami gurunya.

Saya sangat berterima kasih kepada kedua orang tua saya yang selalu memberikan dukungan kegiatan PJJ saya. Terima kasih juga untuk bapak/ibu guru yang mengajarkan saya meskipun dalam kondisi seperti ini. 

Sekian pendapat, saran,dan juga kritik dari saya. Mohon maaf apabila terdapat kata - kata dari saya yang menyinggung. Terimakasih atas perhatian kalian semua dan sampai jumpa semuanyaaa!!! Semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Vektor dan Contoh Soalnya

Pembahasan Soal Vektor Matematika Minat X MIPA

Vektor, Jenis Vektor, Operasi Vektor, dan Contoh Soalnya